Apa Itu Top Level Domain ?

Top Level Domain merupakan domain yang berada pada level tertinggi di dalam struktur hierarki Sistem Nama Domain. Sebagai contohnya, namadomain.com, top level domainnya adalah com. Semua manajemen domain ini dikelola oleh ICANN atau Internet Corporation for Assigned Names and Numbers. ICANN mengoperasikan IANA (Internet Assigned Number Authority) dan mengelola DNS.

IANA mengelompokkan grup top level domain, diantaranya:

1. Country code top level domain (ccTLD): dua suku kata domain yang berdasarkan Negara maupun wilayah. Contoh ccTLD adalah .co.id.Hal ini harus mengikuti kaidah Standart Internasional ISO 3166.

2. Internationalized country code top level domains (IDN ccTLD): ccTLD merupakan karakter non Latin (seperti Arabic atau Chinese).

(sumber: wikipedia.org)

3. Generic top level domains (gTLD) : top level domain yang memiliki lebih dari 3 suku kata.  

4. Sponsored top level domains (sTLD): domain ini diajukan dan disponsori oleh organisasi tertentu. Biasanya untuk komunitas maupun organisasi lainnya.

5. Unsponsored top level domain (uTLD) : domain yang digunakan di bawah aturan ICANN untuk komunitas internet.

6. Infrastructure top level domain : kelompok domain ini hanya memiliki satu domain. Diatur oleh IANA untuk Interent Engineering Task Force dengan kepentingan yang spesifik.